Macam Penyakit Mata

Mata memang alat indra yang paling penting,  yang paling sering digunakan setiap hari tapi. tanpanya mungkin sebagian aktivitas akan terhambat. Tahukah kadang mata kita bisa terkena penyakit diantaranya

BINTITAN

Bintitan merupakan infeksi bakteri pada kelenjar di dasar bulu mata, ditandai dengan munculnya bisul kecil pada tepi kelopak mata; namun kadang2 infeksi dapat juga terjadi di lokasi yang lebih dalam, sehingga yang tampak hanyalah pemerahan dan pembengkakan. Bintitan paling sering terjadi pada anak usia sekolah karena seringnya mengucek mata tanpa memperhatikan kebersihan tangan

Bintitan termasuk infeksi yang ringan dan umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam 1 minggu setelah nanahnya keluar. Cara mempercepat pecahnya bisul adalah dengan menggunakan kompres hangat dan memijatnya dengan perlahan 3-4 kali sehari.

BELEKAN

Lebih sering menyerang anak2 dan sangat menular.

Penyebabnya adalah infeksi virus, terkadang disertai infeksi bakteri. Belekan membuat mata menjadi merah, bengkak dan nyeri serta membuat produksi kotoran mata (belek) bertambah.

Tanda dan gejalanya yang khas adalah bulu mata saling menempel dan sulit dibuka pada waktu bangun tidur karena terlalu banyak kotoran yang lengket di bulu mata. Proses perkembangan penyakit berlangsung cepat dan akan menyebabkan pandangan menjadi kabur.

Belekan karena infeksi virus biasanya tidak memerlukan penanganan khusus, tetapi jika disertai infeksi bakteri diperlukan obat mata yang mengandung antibiotik; terutama jika kotoran semakin banyak dan berwarna coklat.

CONJUNCTIVITIS

Merupakan pembengkakan pada conjuctiva, yaitu membran transparan yang melapisi permukaan bagian putih bola mata dan bagian dalam kelopak mata. Akibatnya kelopak mata menjadi bengkak dan mengeluarkan nanah. Sering disebut dengan ‘pink eye’ sesuai dengan tandanya, yaitu warna merah.

Conjunctivitis dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau alergen. Hal ini dapat dibedakan dari jumlah dan kekentalan cairan mata yang keluar.

Conjunctivitis karena virus atau alergen biasanya cukup diatasi dengan kompres dingin untuk mengempiskan kembali pembengkakan. Conjunctivitis karena bakteri diperlukan salep mata yang mengandung antibiotik.

KATARAK

Lihat disini untuk artikelnya

GLAUKOMA

Mata mempunyai tekanan intraokuler (tekanan cairan pada bola mata) untuk dapat mempertahankan bentuk dan fungsinya – mirip udara dalam balon. Jika tekanan terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan bola mata menonjol seperti hendak keluar dan dapat merusak saraf mata.

Glaukoma ditandai dengan pandangan yang mulai kabur dan berkurangnya pandangan ke samping (lebar penglihatan berkurang).

Jika ditangani dengan baik, sebelum terjadi kerusakan pada retina & saraf mata, maka masih ada kesempatan untuk kembali membaik.

Namun jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kebutaan.

Glaukoma dapar ditangani dengan obat-obatan, tetes mata ataupun operasi.

Iklan

Perihal adib baihaqi
aku adalah orang yang ingin dapat merubah diriku dan dunia menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: